Sejarah Singkat Mi – Salah satu makanan penenang favorit dunia

Sejarah Singkat Mi – Salah satu makanan penenang favorit dunia. Salah satu makanan favorit ketika terlambat, atau terlalu malas untuk memasak, atau tidak ada makanan asli di rumah, adalah semangkuk Bakmi enak. Sangat nikmat jika disajikan dengan topping seperti sambal, daging, sea food, pangsit dan bakso yang sesuai dengan lidah Indonesia. Dan itu menjadi santapan selama lima menit untuk menghibur dan menyehatkan perut dan jiwa seperti beberapa makanan lain yang bisa.

Sejarah Singkat Mi - Salah satu makanan penenang favorit dunia

Sejarah Singkat Mi

Mie pertama kali masuk ke Jepang selama periode Heian sekitar 800 M, tetapi baru pada akhir 1800-an mereka menjadi populer. Hidangan hibrida Cina-Jepang yang dikenal sebagai ramen diperkenalkan ke Tokyo melalui kota Cina Yokohama dengan pembukaan sebuah restoran bernama Rai-Rai Ken sekitar tahun 1910. ‘Shina soba’ mereka dengan cepat menjadi favorit di kalangan kelas pekerja Jepang karena harganya yang murah , enak dan mengenyangkan. Siswa dengan cepat menangkapnya.

Ketika Jepang mulai mengkhususkan diri pada toko khusus ramen – sekarang ada lebih dari 30.000 di seluruh negeri – dan koki mulai mendedikasikan seluruh karir mereka untuk membuatnya, serta menggunakan bahan premium seperti ayam Cochin, dan berbagai jenis kecap di bumbu, ramen mengambil kudos gourmet yang menyebar ke kota-kota besar di seluruh dunia, sekaligus mengidentifikasi sebagai orang Jepang.

Di Bangkok, fenomena serupa terjadi. Pada akhir tahun 1930-an, perdana menteri saat itu, Plaek Phibunsongkhram, meluncurkan kampanye nasional yang disebut ‘Noodle is Your Lunch’ yang mempromosikan hidangan khas baru negara tersebut dengan menggunakan bihun, tauge, telur, kacang tanah dan protein yang dibalut dengan pasta asam, gula aren dan saus ikan. Dinamakan ‘pad Thai’, hidangan itu dimaksudkan untuk membantu memperkuat nasionalisme yang mengakar saat negara berubah dari monarki absolut Siam menjadi Thailand. Resepnya, bersama dengan gerobak gratis untuk pedagang kaki lima yang menjualnya dan larangan penjualan jajanan kaki lima China, memastikannya mendapatkan daya tarik. Itu juga praktis. Selama kekurangan beras yang menimpa negara itu setelah perang dunia kedua, mengubah biji-bijian menjadi mie membuat hasil panennya naik dua kali lipat.

Makanan penenang favorit dunia

Saat ini, mi Thailand telah berevolusi dari makanan jalanan menjadi hidangan berbintang Michelin. 75 tahun, Supinya Junsuta alias Jay Fai (327 Mahachai Road), melihat warung jajanannya menjadi restoran terkenal di dunia yang melihat orang-orang mengantri berjam-jam untuk omelet kepiting legendaris dan pad kee mao goong (mabuk, mie nasi datar , tumis seafood). Dia menerima bintang Michelin pada tahun 2018 tetapi mengejutkan para pakar setahun kemudian ketika dia ingin mengembalikannya. Restoran kecil itu sekarang hampir terlalu sibuk untuk ditanganinya.

Seperti ramen Jepang, dan pad Thai Thailand, hidangan Vietnam utara – pho – pertama kali muncul di Hanoi pada awal abad ke-20. Berbagai jenis mie kemungkinan besar diperkenalkan melalui migrasi dan perdagangan saat orang melakukan perjalanan untuk mencari kehidupan yang lebih sejahtera. Dengan China sebagai tetangga Vietnam, ada banyak interaksi di antara keduanya.